Sabtu, Agustus 01, 2015

Mengenal Jeroan dan Bagian Nondaging

tips bagaimana cara mengolah jeroan dengan baik dan benar
Mengenal Jeroan dan Bagian Nondaging

Primarasaku | Mengenal Jeroan dan Bagian Nondaging - Di luar negeri atau lebih tepatnya di daerah eropa, amerika dan bagian barat lainya jeroan nyaris tidak dimasak atau diolah, karena dianggap tidak layak konsumsi atau kotor. Paling hanya hati yang diolah untuk masakan. Tidak seperti di Asia atau bagian Timur pada umumnya. Di Indonesia jeroan bukanlah barang yang asing. Meskipun jeroan dan bagian bukan daging (nondaging) lain mempunya kadar kolestrol dan asam urat yang bisa dibilang cukup tinggi, beberapa masakan di Indonesia yang menggunakan bagian dalam/jeroan atau bagian lainnya dianggap sangat istimewa, seperti soto babat, sambal goreng hati, soto sulung, dan gulai otak.

Jeroan disini diartikan bagian dalam seperti usus, ampela, hati, paru, babat, ginjal dan limpa. Dalam pembahasan kali ini akan diterangkan juga bagian nondaging yang sering dimasak menjadi masakan-masakan yang lezat, seperti otak, kulit, otak, kikil, dan lidah.

Cita rasa bagian nondaging lainnya dan jeroan sangat berbeda tidak seperti daging. Masing-masing memiki kekhasan yang membuat bagian ini sangat istimewa. Keseleraan pada bagian-bagian tersebut sangatlah individual dan berbeda. Ada yang tidak suka sumsum dikarenakan teksturnya yang lembut dan berlemak tetapi sangat fanatik dengan otak yang lembut dan gurih. Ada yang suka hati tetapi ada yang tidak suka dengan lidah dan babat yang kenyal. Atau sebaliknya.

Cara penanganan jeroan sangat berpengaruh pada kelezatannya, karena tekstur dan aroma yang khas dan berbeda dari masing-masing jeroan. Ada yang berbau tidak enak atau tajam, sehingga cita rasa dari jeroanya terganggu. Ada yang harus dimasak sebentar terlebih dahulu  agar teksturnya tetap lembut, ada juga yang harus dimasak lebih lama agar empuk. Karena warnanya tidak menarik, baunya tidak sedap, dan rasanya pahit ada juga bagian tertentu harus yang dibuang. Maka dari itu, mengetahui cara membersihkan dan mengolah jeroan yang benar akan membuat hidangan anda menjadi istimewa.

Silahkan kunjungi link ini untuk mengetahui Tips Bagaimana Cara Mengolah Jeroan Dengan Baik dan Benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar